Sony sedang mengembangkan sensor kamera dengan bentuk melengkung yang meniru kelengkungan retina manusia. Sensor ini diklaim akan meningkatkan tingkat sensitivitas sensor terhadap cahaya dan akan menyederhanakan penggunaan lensa. Sensor CMOS ini 1,4 kali lebih sensitif pada cahaya di bagian tengah dan 2 kali lebih sensitif di bagian ujung. Teknologi ini memungkinkan lensa bisa dibuat lebih rata, dengan bukaan lebih besar sehingg cahaya masuk lebih banyak yang akan menggurangi noise.

Sony mengembangkan dua buah sensor , yakni full frame 43 mm dan 11 mm. Full frame kemungkinan besar akan digunakan pada kamera compact atau mirrorless. Ukuran sensor 11 mm hampir sama dengan sensor 2/3 inci yang digunakan Nokia untuk Lumia 1020. Sampai saat ini belm ada ponsel kamera selain Pureview 808 yang mampu menandingi ukuran sensor Lumia 1020.


Dikabarkan sensor full frame melengkung ini sudah dibuat sebanyak 100 buah. Sepertinya sony telah siap menggabungkannya dengan produk terbarunya dalam waktu dekat.

via Phonearena
Share To:

Post A Comment: