Hewlett Packard (HP) mengaku sedang mengembangkan arsitektur komputasi baru untuk menggantikan sistem komputasi yang ada saat ini. Sistem komputasi ini akan diberi nama disebut dengan "The Machine".
"The Machine" juga akan menggunakan sistem baru, jenis memori baru, dengan kecepatan data transfer yang Super Cepat.

Mereka mengatakan bahwa desain arsitektur komputer saat ini, yang dipakai oleh PC atau smartphone sudah usang. Sistem yang ada sekarang sudah tidak bisa lagi mengikuti perkembangan komputasi dan kebutuhan penyimpanan yang luar biasa besarnya.

Tujuan utama "The Machine" adalah menggantikan berbagai teknologi penyimpanan yang berbeda-beda saat ini menjadi satu jenis memori saja yang disebut "universal memori" yang terbuat dari memristor (memori tipe baru yang menggunakan ion). Memristor bisa bekerja dengan cepat, padat, dan murah dan bisa mempercepat throughput data.

Kepadatan penyimpanan ini seperti penyimpanan hingga 100 TB yang ada dalam sebuah smartphone. Kapasitar itu tentu jauh lebih besar dari smartphone yang ada pada saat ini. "Bayangkan jika kita bisa mengoptimalkan sistem memori itu ke dalam smartphone Android?

Walaupun HP tidak menyebutkan dalam segmen mobile, namun memristor berpotensi untuk menggantikan penyimpanan Memori External smartphone pada saat ini. Tipe memori baru ini akan menghemat biaya produksi dan meningkatkan daya tahan baterai.

Bentuk dari memristor

Sumber BusinessWeek 
Share To:

Post A Comment: