Pada akhir bulan September, Google akan berhenti memberikan label ‘gratis’ pada aplikasi yang memperbolehkan sistem pembelian dalam app atau in-app purchase. Perubahan ini akan terjadi di Eropa, namun diduga akan memengaruhi para pengguna Google lainnya di seluruh dunia.

Dilansir dari Forbes, perubahan ini merupakan tanggapan terhadap perjanjian dengan Komisi Eropa atau European Commission (EC) yang bertanggung jawab terhadap keamanan keluarga dan anak-anak. Menurut EC, banyak tagihan orang tua yang semakin membengkak akibat anak-anak yang terus menerus membeli in-app purchase pada aplikasi yang dilabeli ‘gratis’.

Jaringan Kerjasama Perlindungan Konsumen atau Consumer Protection Cooperation Network (CPC Network) di Eropa meminta Google dan juga Apple untuk memenuhi beberapa ketentuan:

  • Game tidak boleh secara langsung mendorong anak-anak untuk membeli barang di game atau membujuk orang tua untuk membelikannya untuk mereka.
  • Konsumen harus mendapatkan informasi yang cukup mengenai ketentuan pembayaran dan tidak boleh ditagih secara otomatis tanpa persetujuan konsumen.
  • Penjual harus menyediakan alamat email agar konsumen dapat menghubungi mereka jika ada pertanyaan atau keluhan.

Berdasarkan pernyataan dari EC, Google tidak akan menggunakan kata-kata ‘gratis’ lagi untuk app yang mengandung in-app purchase. Google juga akan membantu untuk memonitor tindakan yang melawan hukum konsumen Eropa dan sudah mengadaptasi pengaturan awal agar pembayaran ditentukan sebelum terjadi pembelian barang melalui in-app purchase, kecuali atas permintaan dari konsumen sendiri.

Google sendiri mengatakan bahwa mereka telah bekerjasama dengan EC dan layanan perlindungan konsumen pada beberapa bulan terakhir ini agar Google Play dapat digunakan dengan aman oleh anak-anak.

Sementara Apple belum membuat langkah nyata maupun komitmen yang sama seperti Google sehingga hal ini disesali oleh EC.

Apple sendiri mengatakan bahwa iOS memiliki kontrol yang jauh melebihi fitur-fitur serupa yang digunakan oleh perusahaan saingannya. Selain itu, mereka juga berupaya untuk terus mengembangkan proteksi pembayaran seperti Ask to Buy sebagai fitur baru di iOS 8.
Share To:

Post A Comment: