Pada ajang Google I/O, OS Android L dikatakan mampu meningkatkan daya tahan baterai. Ars Technica ingin membuktikan kebenarannya, mereka membuktikan perkataan pihak google pada LG Nexus 5.

Setelah dites pada dua buah LG Nexus 5, yang pertama menggunakan Andoid KitKat 4.4.4 dan yang kedua menggunakana Android L Developer Preview. Hasilnya,  LG Nexus 5 dengan Android L mampu bertahan hingga 2 jam lebih lama dibandingkan LG Nexus 5 yang menggunakan OS Android KitKat 4.4.4.

LG Nexus 5 dengan Android L mampu bertahan hingga 471 menit, sedangkan LG Nexus 5 Android KitKat hanya bisa bertahan 345 menit. Berarti terjadi peningkatan daya tahan baterai sebesar 36 persen di Android L. Ketika dites, kedua LG Nexus 5 sengaja diatur secara otomatis untuk me-reload sebuah halaman web setiap 15 detik dengan menggunakan jaringan WiFi. Dalam tes ini, Ars Technica juga mematikan fitur batery saver yang biasanya akan otomatis menurunkan performa handphone pada saat baterai di bawah 15 persen.

Sistem operasi Android L yang dipakai dalam tes ini adalah versi developer. Berarti Google masih akan terus melakukan pengembangan terhadap Android terbarunya ini. Maka kemungkinan besar akan ada peningkatan daya tahan baterai yang lebih baik lagi pada Android L yang resmi diluncurkan. Kita tunggu saya kabarnya dari google.

via Ars Technica
Share To:

Post A Comment: