Sistem operasi Android seri L untuk para pengembang sudah bisa dicicipi pemilik Nexus 5 dan Nexus 7 (2013). Hanya beberapa jam saja setelah image-nya dirilis, Android seri L sudah berhasil di-root. Savoca, salah seorang pengembang di forum XDA, berhasil melakukan rooting tanpa mendapat kesulitan berarti. Ia mengatakan proses rooting Android L cukup mudah.

Kemudahan akses root pada Android L Developer Preview memang tak dijelaskan oleh Google pada saat pengumumannya. Namun yang pasti kemudahan ini sangat membantu para pengembang dalam mempercepat pengembangan aplikasinya yang butuh akses root. Savoca menjelaskan, pengguna yang ingin me-root handset-nya memerlukan custom recovery untuk menginstal Chainfire SuperSU, untuk kemudian masuk ke bootloader dan fastboot flash 'boot.img' sesuai dengan handset yang digunakan.

Savoca juga mengatakan, pengguna yang sudah mendapat akses root tidak langsung mendapat akses tulis ke 'system'. Ia menduga ada keterbatasan root versi lawas dengan kemanan versi terbaru yang ada di Android L. Inilah yang menyebabkan beberapa aplikasi ada yang bisa dan tidak bisa menulis ke /system.

via XDA Dev, BGR
Share To:

Post A Comment: