Baru-baru ini sebuah chip 36-core telah berhasil diciptakan, yang diumumkan pada International Symposium on Computer Architecture. Chip ini diciptakan oleh Para peneliti dari MIT yang dipimpin oleh profesor Li-Shiuan Peh. Chip multi-core yang ada pada saat ini yang menggunakan sebuah kabel yang disebut 'bus' sedangkan chip 36 inti ini berkomunikasi menggunakan 'network'.

Tipe 'bus' memiliki kelemahan saat berkomunikasi antara core dilakukan secara bergantian, sehingga setiap inti tidak bisa bekerja maksimal. Tetapi Chip 36-core ini menggunakan sistem network-on-chip, setiap inti hanya terhubung dengan inti lain yang ada di dekatnya secara cepat, ini dikarenakan setiap inti memiliki beberapa jalur sehingga transfer data antarchip jadi lancar.

Disisi laini Tipe 'bus' memiliki keuntungan dalam konsistensi cache setiap chip sehingga komputasi lebih efisien. Agar teknologi network-on-chip lebih efisiensi maka diciptakan jaringan kedua yang merupakan bayangan dari jaringan pertama. Komunikasi antarchip akan memiliki tingkat keutamaan yang menyerupai komunikasi teknologi bus.

Setelah menguji chip prototipe ini, para peneliti berniat untuk memasang sistem operasi Linux khusus agar dapat mengetahui kinerjanya dalam aplikasi sesunggguhnya dan chip akan diberi nama Verilog.

via MIT
Share To:

Post A Comment: