Apple tampaknya menambahkan fitur lain dalam iPhone mendatang, yaitu sensor barometrik. Informasi ini digali dari Xcode 6 dan iOS 8 yang menyertakan kode pemrograman baru yang mengikutsertakan kemampuan pengukuran ketinggian. Selain itu juga ada referensi di iOS 8 yang menyebutkan tentang sensor tekanan di lingkungan sekitar.

Saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang tersedia di App Store yang memanfaatkan fitur ketinggian namun referensi baru dalam Xconde dan iOS 8 menunjukkan kemungkinan adanya hardware baru dari Apple. Saat ini pengukuran ketinggian biasanya dilakukan menggunakan GPS yang memperkirakan ketinggian suatu tempat berdasarkan peta satelit yang sudah ada.


Fitur ini telah diujicoba oleh seorang developer pada iPhone 5s dan hasilnya negatif atau tidak berfungsi. Oleh karena itu, fitur ini kemungkinan baru akan bisa dipakai di produk baru yang sedang disiapkan Apple seperti iPhone 6, iPad baru, atau mungkin saja iWatch.

Rumor sebelum ini pernah menyebutkan adanya kemungkinan sensor kelembaban udara. Sensor ini akan menjadi bagian dai co-prosesor M8 pada iPhone 6. Co-processor ini akan menjadi komponen dalam chip A8 yang akan tetap digunakan namun lebih efisien dan lebih irit baterai.

Sebuah sumber dari Apple juga menyebutkan bahwa perusahaan sedang mengerjakan versi pembaruan dari aplikasi Compass yang menyertakan penjejakan ketinggian. Oleh karena itu bisa jadi aplikasi Compass ini akan memanfaatkan fitur sensor baru yang disiapkan.

Sensor barometer sebenarnya juga sudah dipasang pada smartphone lain yaitu jajaran Samsung Galaxy dan Nexus. Namun demikian hingga saat ini penggunaan sensor tersebut belum banyak dimanfaatkan seperti halnya GPS yang sudah jamak digunakan.

via 9to5mac
Share To:

Post A Comment: