img

Seseorang yang berada dalam kondisi yang kelelahan dan mengantuk cenderung memilih makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji. Segera atasi kelelahan tersebut agar tidak menggagalkan diet Anda.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan bulan Juni menunjukkan bahwa pusat-pusat otak akan diaktifkan ketika seseorang yang kurang tidur melihat makanan cepat saji. Menurut penelitian tersebut, otak diprogram secara alami untuk memilih makanan cepat saji ketika Anda sedang lelah.

Ada dua cara agar Anda mengatasi kelelahan agar Anda tidak tergoda dengan makanan-makanan cepat saji, yaitu dengan tidur malam yang cukup dan makan makanan ringan yang sehat.

Berikut adalah beberapa tips meningkatkan kualitas tidur untuk mengatasi kelelahan, antara lain:

1. Tetapkan jam tidur Anda. Jika Anda pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam, tubuh Anda secara alami akan mengantuk pada waktu tidur yang telah Anda tetapkan setiap hari.

2. Luangkan waktu untuk bersantai. Bersantailah sekitar satu jam sebelum waktu tidur Anda dengan mematikan TV, komputer dan redupkan lampu ruangan.

3. Jauhkan hewan peliharaan dari tempat tidur. Jangan biarkan hewan peliharaan tidur bersama Anda dalam satu ranjang. Selain berbahaya bagi kesehatan, hewan akan terbangun kapan saja dan mengganggu tidur Anda.

4. Pastikan porsi tidur malam Anda cukup, yaitu sekitar 7-8 jam per harinya.

Selanjutnya, Anda dapat mengatasi kelelahan dengan menyediakan makanan ringan yang sehat kemanapun Anda pergi. Jangan biarkan perut Anda terlalu lapar agar tidak menyebabkan kelelahan dengan makan camilan sehat.

Berikut adalah beberapa ide camilan sehat, seperti dilansir myhealthnewsdaily, Jumat (6/7/2012) antara lain:

1. Selai kacang dan roti gandum. Oleskan selai kacang kecil dalam roti gandum untuk memenuhi kebutuhan serat dan protein yang dapat menunda lapar.

2. Kacang-kacangan. Ngemil kacang-kacangan dapat meningkatkan antioksidan serta tidak menggagalkan diet Anda.

3. Buah-buahan. Buah apel dapat menjadi pilihan camilan sehat yang dapat menunda lapar sehingga badan tidak terlalu lelah.
Share To:

Post A Comment: